Rabu, 27 Juni 2012

contoh rpp terpadu (webbing)


RPP Pembelajaran Terpadu
Model Webbing (jaring laba-laba)



Tema                           : Pensil warna
Kelas/Semester            : 1/1
Waktu                         : 2 x 35 menit

I.       Tahap Perencanaan

  1. Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator

BAHASA INDONESIA
Standar Kompetensi   : 3. Memahami teks pendek dengan membaca nyaring

Kompetensi Dasar       :  3.2 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan
lafal dan intonasi yang tepat
Indikator                     : -    Siswa dapat membaca kalimat tentang pensil warna.


IPA
Standar Kompetensi   : 3. Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaanya melalui
                                          pengamatan perubahan bentuk benda.

Kompetensi Dasar       : 3.3 Mengidentifikasi kegunaan benda dilingkungan sekitar.

Indikator                     : -    Siswa dapat menyebutkan kegunaan pensil warna


MATEMATIKA
Standar Kompetensi   : 1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai
                                          20.

Kompetensi Dasar       : 1.1 Membilang banyak benda.

Indikator                     : -    Siswa dapat membilang jumlah pensil warna


SBK
Standar Kompetensi   :  2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

Kompetensi Dasar       : 2.1 Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif

Indikator                     : -    Siswa dapat menggambar pensil warna






  1. Tujuan Pembelajaran

a.       Setelah mengamati media pensil warna, siswa dapat mendeskripsikan warna dan bentuk pensil warna.
b.      Melaui tanya jawab yang dilakukan oleh guru kepada siswa, siswa dapat menyebutkan 2 kegunaan pensil warna.
c.       Melalui demonstrasi yang dilakukan oleh siswa, siswa dapat membilang jumlah pensil warna.
d.      Melalui pengamatan pada media gambar pensil warna, siswa dapat menggambar pensil warna.

  1. Dampak Pengiring
Diharapkan siswa dapat belajar dengan baik, teliti, dan dapat mengrti dan mengetahui kegunaan pensil warna dan dapat mengapresiasikan diri melalui menggambar dengan menggunakan pensil warna.


  1. Rancangan aktifitas belajar
    1. Curah pendapat menetapkan dan mengembangkan subtema
    2. Kontrak belajar
    3. Siswa secara bersama-sama menyanyikan lagu ”pensil warnaku”
    4. Menunjukkan kepada siswa media pembelajaran (pensil warna)
    5. Siswa membaca kalimat tentang pensil warna
    6. Siswa mengamati pensil warna yang ditunjukkan oleh guru
    7. Siswa mendeskripsikan bentuk dan warna pensil warna
    8. Memberikan pertanyaan kepada siswa apa kegunaan pensil warna
    9. Siswa membilang jumlah pensil warna yang ditunjukkan oleh guru
    10. Siswa membilang jumlah pensil warna yang ada pada media gambar
    11. Siswa menggambar pensil warna pada lembar kertas yang telah dipersiapkan oleh guru

  1. SUB TEMA YANG DIKEMBANGKAN
    1. Membaca kalimat tentang pensil warna
    2. Kegunaan Pensil warna
    3. Menjumlahkan pensil warna
    4. Gambar pensil warna

  1. Keterampilan yang dikembangkan
    1. Bernyanyi
    2. Pengamatan
    3. membaca
    4. Membilang
    5. Menggambar






  1. Media dan Sumber Belajar

1.      Media
-    Pensil warna
-    Teks lagu pensil warna

2.      Sumber bahan ajar
-    BSNP Depdikbud Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
-    Tim Bina Karya Guru. 2006. Seni Budaya dan Keterampilan. Jakarta : Erlangga
-    Taufik, Imam, dkk. 2007. Cinta Bahasa Kita. Jakarta : Ganeca exac
-    Haryanto. 2007. Sains untuk SD Kelas 1. Jakarta : Erlangga
-    Sarman, dkk. 2007. Cerdas Bersama Matematika. Jakarta : Ganeca exac


  1. Jaringan Konsep













Vertical Scroll: Membaca kalimat tentang lagu pensil warna



Vertical Scroll: Membilang jumlah pensil warna






Vertical Scroll: Menggambar pensil warna
Vertical Scroll: Mengidentifikasi kegunaan pensil warna
 

































II Tahap Pelaksanaan

  1. Pengelolaan Kelas
1.      Memberi salam
2.      Absen
3.      Apersepsi dilanjutkan curah pendapat, siswa diajak secara bersama-sama menemukan dan menentukan tema serta mengembangkan subtema.
4.      Informasi tujuan dan kegiatan pembelajaran
5.      Menetapkan kontrak kerja
  1. Kegiatan Pembelajaran
1.      Siswa bersama-sama guru menyanyikan lagu ”Pensil warnaku”.
2.      Siswa mengamati media pensil warna yang ditunjukkan oleh guru.
3.      Siswa dapat mendeskripsikan warna dan bentuk pensil warna.
4.      Guru melakukan tanya jawab kepada siswa, tentang kegunaan pensil warna.
5.      Siswa dapat menyebutkan kegunaan pensil warna.
6.      Siswa dapat membaca lagu pensil warna.
7.      Siswa membilang jumlah pensil warna yang ada di tangan guru.
8.      Siswa menggambar pensil warna di kertas yang telah disediakan oleh guru.

  1. Tahap Kulminasi
a. Pelaporan dan pembahasan hasil kegiatan belajar
-          Siswa melaporkan hasil kerjanya (gambar pensil warna)
-          Melakukan rangkuman / simpulan
-          Penyampaian dampak pengiring
-          Tindak lanjut (memberikan nasehat dan motivasi)

b.Evaluasi
1. Evaluasi proses
-          Pengungkapan ide-ide siswa melalui curah pendapat untuk menemukan konsep-konsep yang berhubungan dengan tema
-          Kesungguhan dalam melakukan kegiatan
-          Ketelitian dalam melakukan pengamatan

Format Penilaian Proses
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Keterangan
Ketelitian
Kesungguhan
Keberanian
1





2





3





4






Keterangan Penilaian
80 - 100  =  A  ( Sangat Baik )
70 -   79  =  B  ( Baik )
60 -   69  =  C  ( Cukup )
50 -   59  =  D  ( Kurang )
       49  =  E   ( Kurang Sekali )

2. Evaluasi hasil
                        Menggambar pensil warna










Pontianak 14 juni 2012

Dosen pembimbing                                                                             Mahasiswa



Drs. Tahmid Sabri M.Pd                                                                  Reizky
NIP :                                                                                                   NIM : F37009045

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar