RPP
Pembelajaran Terpadu
Model
Webbing (jaring laba-laba)
Tema :
Pensil warna
Kelas/Semester : 1/1
Waktu : 2 x 35
menit
I.
Tahap Perencanaan
- Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator
BAHASA INDONESIA
Standar Kompetensi : 3. Memahami teks pendek dengan membaca
nyaring
Kompetensi Dasar : 3.2
Membaca nyaring kalimat sederhana dengan
lafal dan intonasi yang tepat
Indikator : - Siswa dapat membaca kalimat tentang pensil
warna.
IPA
Standar Kompetensi : 3. Mengenal
berbagai sifat benda dan kegunaanya melalui
pengamatan perubahan bentuk benda.
Kompetensi Dasar : 3.3
Mengidentifikasi kegunaan benda dilingkungan sekitar.
Indikator : - Siswa dapat menyebutkan kegunaan pensil
warna
MATEMATIKA
Standar Kompetensi : 1. Melakukan penjumlahan
dan pengurangan bilangan sampai
20.
Kompetensi Dasar : 1.1 Membilang
banyak benda.
Indikator : - Siswa dapat membilang jumlah pensil warna
SBK
Standar Kompetensi : 2. Mengekspresikan diri
melalui karya seni rupa
Kompetensi
Dasar : 2.1 Mengekspresikan diri
melalui gambar ekspresif
Indikator : - Siswa dapat menggambar pensil warna
- Tujuan Pembelajaran
a. Setelah mengamati media pensil warna,
siswa dapat mendeskripsikan warna dan bentuk pensil warna.
b. Melaui tanya jawab yang dilakukan oleh
guru kepada siswa, siswa dapat menyebutkan 2 kegunaan pensil warna.
c. Melalui demonstrasi yang dilakukan oleh
siswa, siswa dapat membilang jumlah pensil warna.
d. Melalui pengamatan pada media gambar
pensil warna, siswa dapat menggambar pensil warna.
- Dampak Pengiring
Diharapkan siswa dapat belajar dengan
baik, teliti, dan dapat mengrti dan mengetahui kegunaan pensil warna dan dapat
mengapresiasikan diri melalui menggambar dengan menggunakan pensil warna.
- Rancangan aktifitas belajar
- Curah pendapat menetapkan dan mengembangkan subtema
- Kontrak belajar
- Siswa secara bersama-sama menyanyikan lagu ”pensil warnaku”
- Menunjukkan kepada siswa media pembelajaran (pensil warna)
- Siswa membaca kalimat tentang pensil warna
- Siswa mengamati pensil warna yang ditunjukkan oleh guru
- Siswa mendeskripsikan bentuk dan warna pensil warna
- Memberikan pertanyaan kepada siswa apa kegunaan pensil warna
- Siswa membilang jumlah pensil warna yang ditunjukkan oleh guru
- Siswa membilang jumlah pensil warna yang ada pada media gambar
- Siswa menggambar pensil warna pada lembar kertas yang telah dipersiapkan oleh guru
- SUB TEMA YANG DIKEMBANGKAN
- Membaca kalimat tentang pensil warna
- Kegunaan Pensil warna
- Menjumlahkan pensil warna
- Gambar pensil warna
- Keterampilan yang dikembangkan
- Bernyanyi
- Pengamatan
- membaca
- Membilang
- Menggambar
- Media dan Sumber Belajar
1. Media
- Pensil warna
- Teks lagu pensil warna
2. Sumber bahan ajar
- BSNP Depdikbud Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan
- Tim Bina Karya Guru. 2006. Seni Budaya dan
Keterampilan. Jakarta : Erlangga
- Taufik, Imam, dkk. 2007. Cinta Bahasa
Kita. Jakarta : Ganeca exac
- Haryanto. 2007. Sains untuk SD Kelas 1. Jakarta : Erlangga
- Sarman, dkk. 2007. Cerdas Bersama
Matematika. Jakarta : Ganeca exac
- Jaringan Konsep
II Tahap Pelaksanaan
- Pengelolaan Kelas
1.
Memberi salam
2.
Absen
3.
Apersepsi dilanjutkan curah pendapat, siswa diajak
secara bersama-sama menemukan dan menentukan tema serta mengembangkan subtema.
4. Informasi tujuan dan kegiatan pembelajaran
5. Menetapkan
kontrak kerja
- Kegiatan Pembelajaran
1.
Siswa bersama-sama guru menyanyikan lagu ”Pensil
warnaku”.
2.
Siswa mengamati media pensil warna yang ditunjukkan
oleh guru.
3. Siswa dapat mendeskripsikan warna dan
bentuk pensil warna.
4. Guru melakukan tanya jawab kepada siswa,
tentang kegunaan pensil warna.
5. Siswa dapat menyebutkan kegunaan pensil
warna.
6. Siswa dapat membaca lagu pensil warna.
7. Siswa membilang jumlah pensil warna yang
ada di tangan guru.
8. Siswa menggambar pensil warna di kertas
yang telah disediakan oleh guru.
- Tahap Kulminasi
a. Pelaporan dan pembahasan hasil kegiatan
belajar
-
Siswa
melaporkan hasil kerjanya (gambar pensil warna)
-
Melakukan
rangkuman / simpulan
-
Penyampaian
dampak pengiring
-
Tindak
lanjut (memberikan nasehat dan motivasi)
b.Evaluasi
1.
Evaluasi proses
-
Pengungkapan ide-ide siswa melalui curah pendapat untuk
menemukan konsep-konsep yang berhubungan dengan tema
-
Kesungguhan dalam melakukan kegiatan
-
Ketelitian dalam melakukan pengamatan
Format Penilaian Proses
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Keterangan
|
||
Ketelitian
|
Kesungguhan
|
Keberanian
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
Keterangan Penilaian
80 - 100 =
A ( Sangat Baik )
70 - 79
= B ( Baik )
60 - 69 =
C ( Cukup )
50 - 59 =
D ( Kurang )
≤ 49
= E ( Kurang Sekali )
2. Evaluasi hasil
Menggambar pensil warna
Pontianak 14 juni
2012
Dosen pembimbing Mahasiswa
Drs. Tahmid Sabri M.Pd Reizky
NIP : NIM : F37009045
Tidak ada komentar:
Posting Komentar